Cara Pemupukan Mangga Dalam Pot

Agar mangga dalam pot rumah anda rajin berbuah, anda harus tau cara pemupukan mangga dalam pot yang baik dan benar supaya buah mangga bisa berbauh lebat seperti harapan Anda. Buah mangga merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia. Tanaman ini dapat dengan mudah kita jumpai dimanapun yang umumnya di tanam di pekarangan rumah, namun akhir-akhir ini budidaya mangga dalam pot atau istilah kerenya tabulompat mangga menjadi trend di masyarakat Indonesia, hal ini tak lepas dari cara menanam mangga dalam pot yang relatif mudah serta dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan usia pohon mangga mencapai 100 tahun, namun mangga akan tumbuh optimal di dataran rendah pada ketinggian >600 meter dari permukaan laut dengan suhu 24 sampai 30 derajat selsius.

Cara Pemupukan Mangga Dalam Pot

Cara Pemupukan Mangga dalam Pot

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam cara pemupukan mangga dalam pot ini, yakni mengenai kapan mangga mulai diberi pupuk, lalu jenis pupuknya dan serta berapa dosis yang pas. Untuk lebih detailnya silahkan disimak penjelasan berikut ini.

  • Mangga umur 3 sampai 4 bulan : berikan jenis pupuk urea dengan dosis 100 gram/pohon sekali saja. Urea di taburkan ke dalam media tanam yang telah dibuat lubang melingkar sedalam 10 cm, lalu tutup dengan media tanam.
  • Pada saat mangga berumur 1 tahun hingga berbunga : berikan pupuk kandang dengan dosis 15 kg per pohon setiap 6 bulan sekali. Pupuk kandang di taburkan ke dalam media tanam yang telah dibuat lubang melingkar sedalam 10 cm, lalu tutup dengan media tanam.
  • Sedangkan jika menjelang berbunga : Berikan jenis pupuk NPK 15:15:15 dengan dosis 1 sampai 2 kg per pohon sekali, NPK 8 : 24 : 24 atau NPK 1 : 30 : 40 dengan dosis 100-200 g/pohon sekali. Pupuk di taburkan ke dalam media tanam yang telah dibuat lubang melingkar sedalam 10 cm, lalu tutup dengan media tanam.

Agar pohon mangga tabulompat yang kamu miliki berbuah lebat, selain pemupukan yang benar juga perhatikan juga faktor lain dalam merawat mangga, seperti misalnya ; proses penyiraman, penyiangan dan pengumbukan mangga serta pemangkasannya.

Leave a Reply