Cara Merawat Strawberry Agar Cepat Berbuah

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika menanam strawberry, mulai dari tempat menanamnya hingga cara merawat strawberry agar cepat berbuah. Buah strawberry memiliki penampilan luar yang sangat menarik dengan warnanya yang merah dan eksotis. Jadi tidak heran jika banyak orang tertarik untuk menanam buah yang satu ini. Buah strawberry ini bia di tanam di pot bahkan polibag dapat dijadikan alternatif pot untuk strawberry. Untuk kali ini penulis akan berbagi tips agar buah stroberi rajin berbuah.

Cara Menanam Strawberry Di Polybag

Cara Merawat Strawberry Agar Cepat Berbuah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pertumbuhan dan pembuahan strawberry agar berbuah maksimal sesuai harapan anda, yang diantaranya :

1. Tanaman strawberry merupakan tanaman yang memerlukan adanya aliran ataupun keterdiaan air yang mencukupi. Oleh karena itu, penyiraman perlu dilakukan minimal dua hari sekali, yaitu pada pagi dan siang hari, namun setelah strawberry berusia diatas 2 minggu penyiraman bisa dilakukan satu kali sehari.

2. Berikan pupuk secara proporsional, dengan rincian :

  • Fase pertumbuhan : berikan pupuk NPK dengan dosis N tinggi sebanyak 1 sdm
  • Fase pembungaan dan pembuahan : berikan pupuk NPK dengan dosis PK tinggi sebanyak 1 sdm
  • Lakukan pemupukan strawberry tiap seminggu sekali dengan takaran prosi cukup 1 sendok makan untuk satu polibag ukuran besar.

3. Siangi media tanam strawberry dari gulma dan tanaman yang sifatnya mengganggu.

4. Pada saat buah strawberry berbunga, bunga pertama dibuang, setelah berumur empat bulan, bunga strawberry dibiarkan tumbuh menjadi buah. Adapun proses pembungaan dan pembuahan pada strawberry dapat berlangsung selama 2 tahun tanpa henti.

Demikian tadi tips atau cara merawat strawberry agar cepat berbuah yang perlu anda ketahui ketika budidaya buah strawberry, agar strawberry berbuah terus menerus 😀

Leave a Reply